BISNIS PLAN
“
AREM-AREM SAYUR “
LATAR
BELAKANG
Usaha
adalah suatu bentuk yang dapat menghasilkan uang dan dapat meningkatkan taraf
hidup seseorang untuk menjadi lebih baik.
Banyak cara yang dilakukan oleh seseorang dalam memulai atau menjalankan
suatu kegiatan usaha seperti membuat usaha sendiri dengan produk yang akan
dijual. kegiatan usaha dengan cara membuat sendiri produk yang akan diusahakan
akan lebih banyak kelebihannya dibandingkan dengan sistem atau cara kegiatan
usaha lain. Selain produk yang dijual lebih menarik minat, tentu cara ini lebih
mudah dalam menafsirkan atau menargetkan laba dengan total produk yang akan
dijual ke konsumen.
Dari
latar belakang tersebut, maka kami tertarik untuk melakukan kegiatan usaha
dengan membuat sendiri produk yang akan kami tawarkan atau jual terhadap
konsumen berupa “ Arem-Arem Sayur “
A.
ALASAN PEMILIHAN BISNIS “ AREM-AREM SAYUR “
Arem-arem merupakan suatu makanan tradisional yang
bahan dasarnya nasi dan abon. Tapi kami disini sedikit memodifikasi dari
arem-arem tersebut dengan penambahan sayuran da abon ikan dengan sedikit sause
kecap pedas. Pada saat ini arem-arem
jarang sekali dijual di masyarakat , apalagi dijual dikalangan mahasiswa. Sebagian
yang kami ketahui , mahasiswa jarang sekali untuk sarapan sebelum berangkat
kekampus , disinilah kami ingin mencoba membisniskan “ arem-arem sayur “ yang
dimana posisinya dari arem-arem tersebut bisa sebagai pengganti sarapan , makan
siang atau bisa maka malam.
B.
ANALISIS EKONOMI
1).
Aspek ekonomi makro
Bahan dasar utama dari arem-arem sayur ini yaitu
nasi ( baik nasi berwarna kuning ataupun nasi berwarna putih ) yang didalmnya
dilengkapi dengan abon ikan , sayuran serta akan disediakan saus kecap yang
terasa agak pedas sedikit. Pesaing dari produk arem-arem sayur ini yang
dipasarkan yaitu lemper , kenapa ? karena lemper mirip dengan arem-arem sayur
hanya saja bedanya terletak di bahan dasar utama yaitu jika lemper menggunakan
ketan sedangkan arem-arem menggunakan nasi. Untuk bahan dasar arem-arem itu
sendiri bisa didapatkan dari nasi rumah tangga . untuk konsumen langsung bisa
dari mahasiswa dan rumah tangga atau
masyarakat.
2).
Aspek ekonomi mikro
a. bahan
dasar dari arem-arem sayur ini yaitu nasi dan sayur
b. penetapan
harga untuk produk arem-arem sayur ini dari atau dapat berdasarkan biaya
produksi dan ditambah dengan mark-up 20
c. arem-arem
akan di kotakkan dengan kotak mika untuk penjualannya
d. setiap
satu kotak mika akan berisa 4 uah arem-arem sayur
e. untuk
promosi , akan dilakukan pertama kali pada kalangan mahasiswa dan mahasisiwi
fakultas pertanian , universitas mataram.
f. Untuk
pendistribusian bisa langsung dari mahasiswa/mahasisiwi
C.
ANALISIS TEKNIS /OPERASIONAL
1) Proses
produksi sederhana meliputi nasi ( baik yang berwarna putih ataupun berwarna
kuning ) yang dikukus dan dimasukkan abon ikan dengan sayuran seperti wortel,
kentang, tauge ,sawi,yang dijadikan jadi satu
,lalu setelah itu baru dibungkus dengan daun pisang, jika semuanya sudah
jadi baru dimsukkan kedalam kotak mika.
2) Pengawasan
kualitas dilakukan untuk bahan baku, pengawasan proses dan pengawasan pada
produk jadi. Untuk arem-arem sayur yang dibuat dengan bahan dasar nasi tersebut
harus menggunakan nasi yang pulen sehingga lebih enak dan gurih, dan untuk
pembungkusan itu sendiri menggunakn kotak mika agar terjaga kebersihannya dari
serangan debu maupun hewan-hewan kecil seperti semut, lalat,nyamuk,dls. Dalam 1
kotak mika akan berisi 4 buah arem-arem sayur yang dilengkapi dengan saus kecap
yang sedikit pedas , setelah itu arem-arem sayur siap untuk dijual ke mahasiswa
dan masyarakat sekitar.
D.
ANALISIS PASAR
Dalam
aspek pemasaran , tentu dibutuhkan untuk selalu menganalisis penyelenggaraan
untuk mempelajari berbagai masalah pasar berupa, lokasi pasar, luasnya pasar,
sifat pasar dan karakteristik pasar.
1).
Penawaran dan permintaan
Produk arem-arem sayur ini akan
dijual dalam bentuk yang berbeda dari
arem-arem yang biasa dijual oleh masyarkat, tentu ada konsumen yang
menginginkan produk yang berbeda misalnya saja dalam bentuk rasa baik itu
komposisi maupun campuran-campuran baru dari produk tersebut . untuk itulah kesempatan untuk mengembangkan
arem-arem sayur
2).
Harga jual produk
Haraga jual produk arem-arem sayur RP
5.000,00/kotak mika
E. ANALISIS
BISNIS
1) Kekuatan
-
Harga produk ekonomis
-
Produk yang ditawarkan tidak menggunakan
bahan kimia atau zat pengawet dan zat yang berbahaya lainnya
-
Kebersihan produk terjamin
-
Rasa yang ditawarkan sudah tidak asing
oleh masyarakat Indonesia
-
Dapat menyerap tenaga kerja
-
Mengaktifkan kembali kreativitas usaha
kecil dan menengah
2) Kelemahan
-
Memiliki banyak persaingan dalam bentuk
produk , contohnya : lemper
-
Produk arem-arem sayur merupakan produk
yang tidak tahan lama karena tanpa bantuan pengawet
3) Peluang
-
Kepuasan konsumen terhadap produk
arem-arem sayur dapat diuji dengan melihat kondisi mahasiswa maupun konsumen
yang lain yang jarang sarapan
-
Masih jarang penjual menjual produk
arem-arem berisi sayuran
-
Banyaknya penjual lain yang menggunakan
bahan-bahan atau zat kimia yang berbahaya , tidak dengan produk kami yang tidak
ada campurannya dengan bahan-bahan yang berbahaya
4) Hambatan
-
Semakin tersingkirnya produk jajanan
khas tradisional akibat dari produk import yang bermerk
-
Produk yang ditawarkan sifatnya mengenyangkan
, jadi bisa memasuki makan siang
F. ASPEK
LINGKUNGAN
Sebagian besar , masyarakat di NTB beragama islam,
khususnya mahasiswa-mahasisiwi di fakultas pertanian,Universitas Mataram yang
lebih dominan beragama islam. Prilaku dari daya beli mahasiswa dan masyarakat
lainnya termasuk konsumtif yang ditandai dengan ramenya tempat-tempat makan
ataupun pertokoan , mengingat kembali bulan Rhamadan atau bulan puasa bagi yang
muslim tentu akan sangat rame. Dalam tingkat keamanan seperti pencurian ,
perampokan maupun krena adanya bahaya lingkungan dapat dikatakan masih relatife baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar